Yayasan Pragalba


"Yayasan Pragalba" Bergerak di bidang Kebudayaan Madura. Merupakan lembaga kajian dan inventarisasi khazanah budaya Madura. Terutama Madura Barat. Yayasan ini berdiri tahu 2001 di Bangkalan,Madura.

Ketua Yayasan, Adrian Pawitra (seorang seniman musisi dan komponis muda lagu-lagu Madura. Sekretaris Yayasan, Teguh Arsono dikenal di kalangan seni dengan nama Sonny T Atmosentono seorang perupa -pelukis otodidak, penulis,wartawan lepas beberapa media cetak, penyair,dramawan dan pengamat (amatir) budaya Madura. Dan Bendahara Yayasan ini dipegang oleh Muhammad Chaliq..mantan musisi Bassist Band Rock yang banting setir menjadi pengrajin meubelair khas dan antik Madura (pemilik UD. DURAntique).

Yayasan Pragalba saat ini concern mengkaji sejumlah warisan budaya Madura. Antara Lain : Litarasi Jejamuan Madura, Pencatatan Kesejarahan Madura Barat, Inventarisasi Lagu-lagu Madura, Perekaman musik dan lagu Madura, Kepustakaan Budaya,Penyusunan Kamus Bahasa Madura, dll Kerjasama Aktif dengan beberapa lembaga a/l : 1. UNEJ Jember, Univ. Trunojoyo Banngkalan, LIPI (Untuk sejumlah penelitian Ilmiah), 2. K2JB (Kompolan Kacong Jebbing Bangkalan)- organisasi duta wisata lokal dalam organizing beberapa event budaya 3. Komunitas Tera'Bulan - Organizing kegiatan seni budaya. 4. RADAR MADURA ( Jawa Pos Group) dalam ekspose dan publikasi budaya 5. Aktif sebagai komponen KONGGRES KEBUDAYAAN MADURA.


Beberapa tokoh yang pernah bekerjasama dengan Yayasan Pragalba a/l: Prof.Huub de Joge (KITLV), Dr.Latif Wiyata (UI), Abdur Rozaki (UIN Jogja), Yulia Sugandhi(Univ. of Finland), dll..
Yayasan Pragalba membuka kesempatan bekerjasama dengan semua pihak dalam kompetensi dan urgensi pelestarian dan pengembangan seni budaya Madura.

Untuk Kontak : Sekretariat, JL. KH. Achmad Marzuki No. 1 Bangkalan - Madura (Tlp. 031.3095935). Phone Contact : 081.23198206 / 0852.31337777 (Adrian), 081.8306937 / 0828.3247488 (M. Chaliq).

Komentar

  1. madura bagi sy adalah budaya yg harus dpeertahankn dgn pikiran dan realisasi yg nyata. oleh sebab itu kami pemuda kalimantan barat mencoba dgn sungguh2 melestarikan Budaya madura di kal-Bar, dgn membentuk sebuah lembaga yg kami beri nama LEMBAGA ADAP ASOR, oleh karena itu kami ingin menjalin kerjasama yg intens dgn yayasan pragalba. mohon bimbinganya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer